3 Deretan Sekolah Kepolisian Terbaik di Indonesia Terbaru 2023

3 Deretan Sekolah Kepolisian Terbaik di Indonesia Terbaru 2023

3 Deretan Sekolah Kepolisian Terbaik di Indonesia Terbaru 2023 – Polisi menjadi salah satu profesi yang masih sebagai favorit banyak orang. Akan tetapi, menjadi seorang polisi di Indonesia harus menjalani masa Pendidikan Kepolisian terlebih dahulu. Pendidikan Kepolisian dapat di ikuti oleh seorang warga yang baru lulus SMA atau SMK. Berikut ini merupakan daftar sekolah Pendidikan Kepolisian.

Daftar Sekolah Kepolisian Paling Favorit

1. Akademi Kepolisian (Akpol)

Akademi Kepolisian sering di singkat Akpol. Akpol ini tergabung menjadi anggota INTERPA (International Association of Police Academy). Lulusan Akademi Kepolisian nantinya akan sebagai Perwira Polri. Akpol sebagai unsur pelaksana pendidikan yang berada d bawah Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri (Lemdiklat).

Akpol mempunyai tujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri dengan durasi pendidikan 4 tahun. Hal ini sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010. Setelah lulus dari Akademi Kepolisian, peserta didik akan mendapatkan pangkat Inspektur Polisi Dua atau Ipda.

Baca juga: 5 Daftar Sekolah Kedinasan Paling Favorit dan Terbaik di Indonesia

Pendaftaran Akpol juga akan di mulai dengan adanya ujian dan pemeriksaan penerimaan terpadu Taruna Akpol yang di sediakan di tingkat daerah oleh Panitia Daerah di Polda. Berkaitan atas pemeriksaan penerimaan, akan di selenggarakan di tingkat pusat atas Panitia Pusat di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah.

2. Sekolah Polisi Negara (SPN)

Sekolah Polisi Negara merupakan sekolah untuk Bintara Polisi. Masa pendidikan di SPN ini adalah 7 bulan. Setelah lulus, peserta didik akan sebagai Brigadir Polisi Dua atau Bripda. Kemudian dalam jangka waktu 4 tahun, peserta didik akan mampu memperoleh pangkat Brigadir Polisi Satu atau BRIPTU. Selanjutnya dalam jangka waktu 4 tahun berikutnya dapat menjadi seorang Brigadir. Setelah sebagai BRIGADIR, jenjang kepangkatannya yakni Bripka atau Brigadir Polisi Kepala dalam waktu 4 tahun. Pangkat berikutnya merupakan Ajun Inspektur Dua atau Aipda dalam 5 tahun dan Ajun Inspektur Satu (Aiptu) dalam 2 tahun.

3. Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)

Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana ini di peruntukan bagi lulusan sarjana yang ingin sebagai seorang polisi. Pendidikan ini memakan waktu 6 bulan. Setelah lulus, peserta memperoleh pangkat Inspektur Dua. SIPSS terletak di Akpol Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah.

Demikian penjelasan terkait dengan jenis-jenis sekolah pendidikan Kepolisian Republik Indonesia. Selanjutnya di ketahui bahwa Polisi adalah profesi yang harus di tempuh dengan menjalani masa pendidikan supaya mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.