Yahya Waloni Ditangkap Polisi di Cibubur

0

JAKARTA-Tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap Yahya Waloni di kawasan Cibubur pada Kamis (26/8/2021). Namun pihak Bareskrim belum jelas secara terperinci atas penangkapan tersebut.

“Benar (Yahya Waloni ditangkap-red),” ujar Dirsiber Bareskrim Polri Brigjen Asep Edi Suheri saat dihubungi.

Diketahui, Yahya Waloni Dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh komunitas Masyarakat Cinta Pluralisme soal dugaan penistaan agama terhadap Injil. Pelaporan tersebut tertuang dalam Laporan Polisi (LP) Nomor: LP/B/0287/IV/2021/BARESKRIM. Yahya Waloni dilaporkan dengan dugaan kebencian atau permusuhan individu dan/atau antargolongan (SARA) pada Selasa (27/4).

Dalam kasus ini, Yahya dilaporkan bersama pemilik akun YouTube Tri Datu. Dalam video ceramah itu, Yahya Waloni menyampaikan bahwa Bible tak hanya fiktif, tapi juga palsu.

Di dalam LP tersebut, mereka disangkakan dengan UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 45 A juncto Pasal 28 Ayat (2) dan/atau Pasal 156a KUHP.

Sebelumnya, Penyidik Bareskrim Polri telah menangkap Youtuber Muhammad Kece. Diketahui, Muhammad Kece diduga menista agama dan sempat viral di media sosial.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan, Muhammad Kece ditangkap oleh anggotanya pada saat berada di Pulau Dewata.

Merespon penangkapan Youtuber Muhammad Kece oleh Bareskrim Polri, Permadi Arya alias Abu Janda serukan tangkap Yahya Waloni.

Abu Janda bersuara agar keadilan hukum juga diterapkan pada sejumlah tokoh Islam seperti Ustaz Abdul Somad, Ustaz Yahya Waloni dan lainnya.

Melalui akun medsosnya, Abu Janda langsung menargetkan Yahya Waloni. Abu Janda sebut Yahya Waloni lebih biadab dibanding Muhammad Kece.

“Sebenarnya Yahya Waloni jauh lebih biadab dibanding Muhamad Kace, sudah waktunya ditertibkan juga oleh aparat penegak hukum,” tulis dia di akun Instagramnya Kamis 26 Agustus 2021. (Her).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.