Viral Harga PCR Jutaan di Labuan Bajo, Padahal Kemenkes Tetapkan Harga Cuma Ratusan Ribu

0

LABUANBAJO-Viral sebuah struk pembayaran harga swab PCR Covid-19 dengan total Rp2.690.000. Struk tersebut diketahui dikeluarkan oleh apotik Bunda yang beralamat di Jalan Alo Tonis, Kompleks Bandara, Labuan Bajo, Manggarai Barat.

PCR tersebut masuk kategori someday eskpress yang diperiksa pada Rabu (18/8/2021). Dalam struk itu juga tertera nomor apotik Bunda yakni 0822-2889-9080.

Infolabuanbajo pun telah menghubungi nomor tersebut melalui aplikasi whatss app untuk menanyakan kebenaran harga PCR yang tertera di struk. Meski pesan telah terbaca, namun belum ada balasan dari yang bersangkutan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan surat edaran terkait tarif tes Covid-19 menggunakan Reserve Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Keputusan tersebut dikeluarkan menanggapi permintaan Presiden Joko Widodo terkait penurunan harga tes PCR. Surat edaran bernomor HK.02.02/I/2845/2021 menetapkan batas tarif tertinggi pemeriksaan tes RT-PCR Covid-19.

Terkait edaran tersebut, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan bahwa aturan tarif PCR terbaru berlaku mulai 17 Agustus 2021. “(Berlaku) mulai hari ini,” kata Nadia kepada Kompas.com, Selasa (17/8/2021).

Pihaknya menambahkan, aturan ini menetapkan batas atas tarif pelayanan pemeriksaan tes RT-PCR.

Merujuk pada surat edaran tersebut, pemeriksaan PCR oleh fasiitas pelayanan kesehatan dan pemeriksa lain ditetapkan sebagai berikut:

Pertama. Batas tarif tertinggi untuk pemeriksaan RT-PCR di Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 495.000.

Kedua. Batas tarif tertinggi untuk pemeriksaan RT-PCR di luar Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 525.000.

Batas tarif tertinggi ini berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan atas permintaan sendiri atau mandiri. Kebijakan tidak berlaku untuk kegiatan penelusuran kontak (contact tracing) atau rujukan kasus Covid-19 ke rumah sakit yang penyelenggaraannya mendapatkan bantuan pemeriksaan RT-PCR dari pemerintah atau bagian dari penjaminan pembiayaan pasien. (Her).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.