Usir Kepenatan Anda dengan Berwisata Danau ke Manggarai Timur

0 0

BORONG-Manggarai Timur merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Flores Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kabupaten yang saat ini dinakodai oleh Bupati Andreas Agas ini dibentuk pada tanggal 17 Juli 2007 silam.

Manggarai Timur mempunyai banyak sumber daya alam (SDA) untuk memperkuat ekonomi daerah tersebut. Salah satunya perkuat sektor wisata. Kabupaten yang kini sudah berumur 14 tahun itu mempunyai daya tarik tersendiri dengan wisata danaunya.

Ada beberapa danau yang menjadi spot wisata alam untuk mengusir kepenatan para pelancong baik domestik maupun internasional. Sebut saja Danau Rana Tonjong, Danau Rana Mese dan Danau Rana Kulan.

Berikut kutipan infolabuanbajo.com dari berbagai sumber:

1. Danau Rana Tonjong

Danau Rana Tonjong (Foto: Kompas.com)

Danau ini merupakan danau teratai terbesar kedua di dunia. Lokasi danau ini berada di Desa Nangabaras, Sambirampas, Manggarai Timur.

Salah satu yang ditawarkan danau ini adalah hamparan bunga teratai (lotus) yang memenuhi danau. Siapa pun yang berkunjung dijamin berdecak kagum dengan keindahan bunga teratai. Danau ini merupakan satu dari beberapa tempat yang masuk daftar kunjungan jika berada di NTT.

2. Danau Rana Kulan

Danau Rana Kulan (Foto:Kompas.com)

Pesona eksotis keindahan danau ini tersembunyi di Desa Rana Kulan, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

Sayangnya belum banyak pelancong yang tahu Danau Rana Kulan ini. Hanya warga Desa Rana Kulan dan sekitarnya yang mengetahui keberadaan danau ini. Danau Rana Kulan berada di tengah hutan lindung RTR 0101 Jemali.

3. Danau Rana Mese

Danau Rana Mese (Foto: Liputan6)

Danau ini diapit dua gunung berapi yaitu Gunung Mandosawu (2.400 mdpl), yang merupakan puncak teringgi di Manggarai Timur dan Gunung Ranaka (2.140 mdpl). Kawasan wisata yang satu ini dipenuhi beragam flora dan fauna.

Lokasi Danau Rana Mese berada di jalan negara Trans Flores Ruteng-Borong. Persis di sebelah utara jalan negara Trans Flores Ruteng-Borong sedikit menanjak terdapat gapura. Sebuah tulisan terpampang pertanda lokasi wisata Danau Rana Mese berada. (Ricko).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.