Ribuan lansia di Kota Kupang sudah divaksin COVID-19

0

Kupang (ANTARA) – Dinas Kesehatan Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mencatat 6.843 orang lanjut usia (lansia) telah mendapat suntikan vaksin COVID-19 guna mencegah terjadinya paparan COVID-19.

“Ada 6.843 orang lansia yang sudah divaksin COVID-19 di Kota Kupang. Capaian ini masih termasuk rendah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang dr. Retnowati ketika dihubungi di Kupang, Sabtu, (29/5).

Retnowati mengatakan jumlah warga lansia yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di Kota Kupang adalah 10.139 orang sesuai data pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang.

Warga lansia yang telah divaksinasi COVID-19 di daerah itu, katanya, mencapai 6.843 orang sejak program vaksinsi kelompok lansia dilakukan pada Maret 2021.

Menurut dia, pencapaian vaksinasi COVID-19 bagi kelompok lansia di Ibu Kota Provinsi NTT tidak segencar yang dilakukan pada sasaran lainnya karena terkendala aksesibilitas serta adanya penyakit penyerta yang dialami para lansia.

Selain itu, menurut Retnowati, masih ada juga rasa takut yang menghantui para lansia tentang dampak vaksinasi COVID-19 apabila mereka mendapatkan suntikan vaksin.

“Padahal melakukan vaksinasi COVID-19 sangat aman dan melindungi lansia yang masuk dalam kelompok rentang terpapar COVID-19,” ujarnya.

Baca juga: 160 lansia di Manggarai Timur ikut vaksinasi COVID-19

Menurut dia, Pemerintah Kota Kupang terus berupaya agar capaian sasaran vaksinasi bagi warga lansia bisa tercapai dengan melakukan pendekatan ke rumah-rumah ibadah dan organisasi BUMN.

Baca juga: Siloam Kupang gelar vaksinasi bagi lansia di pusat perbelanjaan

“Pendekatan ini dilakukan agar melalui lembaga keagamaan bisa membantu mendorong warga terkategori lansia untuk mengikuti vaksinasi,” katanya.



Source link

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.