Puskesmas Dampek Lamba Leda Utara Nyatakan Mayat Positif Covid-19

0 2

BORONG– Warga asal Kampung Sambi, Desa Satar Padut, Kecamatan Lamba Leda Utara, Kabupaten Manggarai Timur berinisial NB (90) meninggal dunia pada Rabu (7/7/2021) pukul 18.30 WITA. Petugas dari Puskesmas Dampek pun menyambangi rumah duka dan melakukan rapid antigen terhadap mayat tersebut. Hasilnya positif covid-19.

“Pasien di-rapid saat dia (NB-red) sekitar 30 menit meninggal dan hasilnya positif,” ujar Plt Camat Lamba Leda Utara Agus Supratman kepada Infolabuanbajo.com, Kamis (8/7/2021).

Berdasarkan hasil rapit tersebut lanjut Agus, pihaknya langsung koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai Timur. “Mereka pun datang. Sampai di tempat, mereka langsung menguburkan pasien covid sesuai SOP satgas covid,” paparnya.

Agus menambahkan, penyakit lain yang diderita NB belum didiagnosa karena NB telah meninggal dunia. “Sakit bawaannya belum sempat didiagnosa karena beliau sudah meninggal,” jelasnya.

Menurut Agus, NB sakit sehari setelah acara pesta kenduri (kelas) di Kampung Damer, Desa Satar Padut. “Sehari setelah pulang kelas di kampung Damer, Bapa tua mengalami sakit (informasi pihak keluarga). Padahal di saat yang sama sudah belasan orang yang sudah dinyatakan positif rapid test antigen dari klaster kelas yang sama,” katanya.

Agus menambahkan, warga kampung sebenarnya telah menyarankan kepada keluarga NB untuk membawanya ke Puskesmas Dampek namun tak diindahkan.

“Kemudian informasi Bapak ini sakit sampai ke telinga Bapak Kades dan Bapa Kades langsung lapor ke saya tanggal 7 pagi. Kemudian saya minta tim untuk turun rapid di tempat pagi itu juga. Karena keterbatasan jumlah tenaga lab. Saat bersamaan rapid banyak orang di Puskesmas. Akhirnya direncakan rapid malam hari setelah semua yang datang rapid ke Puskesmas selesai dirapid,” tukasnya.

Sementara Kepala Puskesmas Dampek
Eufrasia Rambing enggan memberi komentar terkait diagnosa penyakit NB. Eufrasia menyarankan supaya langsung menghubungi Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Lamba Leda Utara.

“Yang berhak memberikan informasi adalah tim gugus kecamatan. Semua hal tentang informasi dari almarhum sudah disampaikan ke gugus tugas. Kalau butuh informasi langsung hubungi ketua gugus kecamatan. Dalam hal ini pak camat sendiri,” tutupnya. (Firman Jaya).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.