Provinsi Papua Barat Lakukan Pencanangan dan Vaksinasi COVID – 19 Tahap II

0 84

Sorong,Infolabuanbajo.com-Gubernur Papua Barat Drs.Dominggus Mandacan,Polda Papua Barat dan pemerintah Kota Sorong,memimpin Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap Ii Bagi Pelayanan Publik Secara virtual,bertempat di Gedung Samuser jalan Burung Kurana,Kota Sorong, Selasa (3/3/2021).

Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan dalam sambutanya sekaligus membuka Pencanangan Vaksinasi Tahap II, mengatakan, Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah adanya penyebaran covid 19 di wilayah Papua Papua barat karena saat ini di Papua barat telah banyak masyarakat kita yang terkena dampak covid 19 sehingga kita perlu memperhatikan mereka dan mencegah penyebaran covid 19 di wilayah Papua Barat.

Diharapkan kepada seluruh komponen masyarakat agar segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksin covid 19 demi mencegah adanya penyebaran, kepada seluruh masyarakat mohon kerjasamanya dapat membantu pelaksanaan vaksinasi covid 19 dapat berjalan dengan lancar. Sebagai upaya mempercepat penyelesaian tahap kedua. Dengan begitu mulai bulan Juni 2021 kita sudah bisa dan siap melaksanakan vaksinasi tahap ke-3 dengan sasaran seluruh masyarakat usia 18 tahun ke atas.

Dikatakan pula bahwa berdasarkan peraturan presiden nomor 14 tahun 2021 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi covid -19 dimana pada pasal 13 mengatur tentang sangsi administratif bagi yang menolak vaksinasi berupa penghentian bantuan atau jaminan sosial, layanan administrasi Pemerintahan atau denda. Maka untuk itu saya berharap kepada seluruh peserta yang bekerja di Pemerintahan baik sipil maupun aparat keamanan dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dengan segera mendapatkan vaksinasi sebanyak 2 kali penyuntikan.

Gubernur Papua Barat juga menghimbau kepada para tokoh masyarakat dan pemerintah daerah agar dapat membantu memberikan edukasi kepada masyarakat dengan menyebarkan informasi yang baik dan benar terkait vaksinasi covid-19. Serta untuk semua pihak tingkatkan kerjasama, saling mendukung dan gotong royong dalam pelaksanaan program vaksinasi ini, demi mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok dalam mengatasi Pandemi covid -19.  Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin dan jadilah teladan bagi masyarakat.

Pelaksanaan vaksinasi pada usia 18 sampai 60 tahun, untuk umur 60 tahun keatas tidak divaksinasi, untuk para Pemerintah agar melaksanakan vaksinasi dan dapat melayani masyarakat dengan berbagai kegiatan yang ada di Pemerintahan.

Saya harapkan kepada TNI/Polri untuk memberikan contoh yang baik kepada masyarakat serta kepada para tokoh masyarakat dengan memberikan informasi yang baik.

Protokol kesehatan tetap dijalankan dan selalu disiplin dalam menjalankan Pencanangan covid 19, jadilah contoh dan teladan dalam melaksanakan vaksinasi terhadap masyarakat supaya kita semua sehat terbebas dari covid 19. Mari kita semua membantu menjalankan Pencangan vaksinasi ini supaya dapat berjalan dengan baik.”ungkapnya”.

Kegiatan pemberian Vaksin Covid -19 di bagi menjadi 4 tahap yaitu sbb :

  1. Vaksin tahap 1 di laksanakan pada bulan Februari 2021.
  2. Vaksin Covid -19 tahap II laksanakan pada bulan Maret 2021.
  3. Vaksin Covid -19 tahap III laksanakan pada bulan Juni 2021.
  4. Vaksin Cobid -19 tahap IV di berikan pada bulan Oktober 2021.

Pelaksanaan pemberian Vaksin Covid -19 ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid – 19 di wilayah Papua Barat. Secara umum perkembangan dan penanganan Covid -19 di Papua Barat sudah jauh lebih bagus, kasus aktif di Papua Barat bahkan lebih rendah dibandingkan dengan data rata-rata nasional, ungkap Kapolda Papua Barat dalam sambutanya pada Pencanangan Vaksinasi Tahap II, di Mapolda Papua Barat.

Setelah menjalani serangkaian tahapan pemeriksaan dan dinyatakan sehat dan memenuhi syarat Kasilog Kasrem 181/PVT Kolonel Czi Santy Karsa Tarigan dan Kapolres Sorong Kota AKBP Ary Nyoto Setiawan, S.Ik, bersama para undangan yang hadir berkesempatan menerima Vaksinasi tahap II yang disaksikan langsung oleh Walikota Sorong Drs. Ec. Lambertus Jitmau, MM, Wakil Walikota Sorong dr.H.Pahimah Iskandar dan tamu undangan yang hadir.

Kris Ralle

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.