Polisi Gelar Pesta Nikah, Foto Media Disuruh Hapus dan Kasat Pol PP Tak Berkutik

0

BORONG-Gugus Tugas Covid-19 Manggarai Timur lamban membubarkan acara pernikahan Kasat Reskrim Polres Manggarai Timur (Matim) Ipda Agustian Sura Pratama di Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Manggarai Timur, Sabtu (24/7/2021). Acara nikah tersebut berlangsung sejak pukul 08.00 WITA hingga pukul 11.30 WITA.

Pantauan Infolabuanbajo.com di lokasi, terlihat para undangan yang hadir dan makan bersama di tenda acara tersebut.
Sejumlah awak media hendak mengambil foto acara yang digelar pada masa PPN Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat itu pun dilarang.

Seorang pria yang ikut pesta tersebut mendatangi awak media dan mendesak semua foto dihapus. “Tunggu-tunggu, apa maksudnya kau ambil gambar? Kasi hapus itu. Kau dari mana,” tanya pria tersebut sembari media ini menunjuk kartu Identitasnya.

Bahkan pria tersebut terus mengancam sembari menyebut dirinya sering dipenjara. “Kau dari mana? Supaya kau tahu saya sudah sering keluar masuk penjara. Kasi hapus itu foto,” tegasnya.

Kedua pria tersebut sempat menarik tangan wartawan media ini untuk masuk ke dalam tenda pesta. Bahkan mereka mengancam akan melapor ke Polisi.

Beberapa menit kemudian,  Yosta A. Lobang (KBO) Reskrim Polres Matim pun datang dan menyambangi awak media. Dia pun meminta supaya awak media tidak boleh mengambil gambar. Sementara yang sudah ada didesak untuk dihapus.

“Kamu yang ambil gambar tadi? cepat kasi hapus sudah. Coba lihat, kasih hapus. Pokonya tidak boleh ambil gambar ya. Kasi hapus itu foto tadi,” desaknya.

Awak media pun terus memantau jalannya pesta tersebut. Sekira pukul 11.00 WITA, Kasat Pol PP Manggarai Timur menyambangi lokasi. Namun tidak bisa berkutik untuk membubarkan acara tersebut. Dia hanya berdiri tanpa bicara.

Bahkan media sudah berusaha menghubungi pihak gugus Tugas, namun hanya menyarankan kepada media untuk mengambil gambar dan video. Sekira pukul 12.00 WIB acara tersebut baru bubar dan tenda acara dibongkar.

Diketahui, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) menutup aktivitas sejumlah Tempat Hiburan Malam (THM) di Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong. Imbauan itu berdasarkan surat Nomor: PEM. 130/583/VII/2021 yang dikeluarkan Jumat (23/7/2021).

Dalam surat tersebut, Pemda Matim meminta para pengelola pub dan karaoke untuk menghentikan aktivitas di tempat itu sampai tanggal 31 Juli 2021. Melarang semua acara keramaian dalam bentuk resepsi pernikahan, pesta sekolah, acara syukuran, acara adat dan bentuk keramaian lain kecuali kedukaan/kematian.

Selain itu juga menutup fasilitas publik, tempat bermain anak dan tempat wisata selama 14 (empat belas) hari terhitung sejak tanggal 18 Juli- 31 Juli 2021. Pemkab Matim mengimbau agar seluruh aktifitas hiburan malam (pub) dihentikan/ditutup sampai tanggal 31 Juli 2021.

Surat ini menindaklanjuti Instruksi Bupati Manggarai Timur Nomor: BPBD.360/189/ VII/2021 tentang Perubahan Kedua Atas Instruksi Bupati Nomor: BPBD 360/178.a/VII/2021 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Manggarai Timur. (Firman Jaya)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.