Polisi Bongkar Budidaya Ganja Hidroponik di Brebes

0

JAKARTA – Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat membongkar kasus kebun ganja hidroponik di kawasan Brebes, Jawa Tengah.

Kapolres Metro Jakbar Kombes Pol Ady Wibowo mengungkapkan, pengungkapan kasus itu bermula dari penangkapan seorang tersangka inisial TM di kawasan Tanah Abang Jakarta Pusat pada 4 Juni 2021 lalu.

“Kemudian didapat barang bukti 3,8 gram ganja,” kata Ady, Rabu 9 Juni 2021.

Kepada petugas TM mengaku bahwa ganja tersebut dari seseorang inisial HF yang juga telah dimankan polisi di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat pada 5 Juni 2021 dengan barang bukti 42,33 gram ganja.

Kemudian kata Ady, HF mengaku bahwa barang haram itu diapat dari tersangka lainnya yakni UH selaku otak pembudidayaan ganja tersebut.

Dari sana polisi mendapat petunjuk bahwa ada pembudidayaan ganja di Desa Wanatawang, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dan melakukan penggerebekan.

“Kita lakukan pengembangan, kita berhasil ungkap tanaman ganja hidroponik di Brebes di tanam di lantai 2 di salah satu bangunan, di lokasi kita mendapat 300 pot tanaman ganja yang berhasil tumbuh 200 pot,” kata Ady.

Belakangan kata Ady, petugas berhasil menangkap UH selaku dalang dalam pembudidayaan ganja tersebut di Jalan Kemiri, Menteng, Jakarta Pusat.

“Kita tangkap UH, ada barang bukti satu piring biji ganja siap tanam dan 29 linting ganja,” ucapnya.

Menariknya kata Ady, motif UH dalam membudidayakan ganja tidak untuk di perjualbelikan, melainkan hanya untuk kebutuhan pribadi.

Meski begitu pihaknya masih melakukan pendalaman lebih jauh apakah motif tersebut benar dilakukan atau tidak.

“Ini masih kita dalami, masih ada proses lanjutan terkait tangkapan ini. Karena ini cukup unik tidak dijual tapi dipergunakan untuk konsumsi pribadi karena berdasar pengakuan juga sudah lama menggunakan ganja ini,” tuturnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya para pelaku dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 111 juncto Pasal 132 minimal 6 tahun maksimal 20 tahun. (Her).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.