Percepat Pelaksanaan Program Vaksinasi

0

JAKARTA– Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lebih menggiatkan lagi dan mempercepat pelaksanaan program vaksinasi, khususnya di perkotaan atau di wilayah padat penduduk.

Hal tersebut dikatakan Bambang menyikapi Data Kemenkes yang menyebutkan terdapat 33.094.505 orang yang sudah mendapatkan vaksinasi covid-19 dosis kedua atau setara 15,89 persen dari persentase target pemerintah.

“Memperluas cakupannya hingga menjangkau seluruh masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan atau tertinggal, terluas, dan dan terdepan atau 3T,” ujar Bambang di Jakarta, Kamis (26/8/2021).

Bambang juga meminta Kemenkes bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam pendistribusian vaksin ke seluruh wilayah di tanah air.

“Saat ini masih terjadi ketimpangan pemberian vaksinasi seperti cakupan vaksinasi di DKI Jakarta yang telah mencapai 120 persen, sementara di sejumlah daerah lain belum mencapai 20 persen,” tegasnya.

Untuk itu kata Bambang Kemenkes segera mengintegrasikan dan memverifikasi data, stok, dan distribusi vaksin atas usulan dari dan ke pemerintah daerah.

“Sehingga dapat diketahui dan disesuaikan secara akurat jumlah kebutuhan masyarakat yang akan divaksin dan jumlah vaksin yang akan didistribusikan, dikarenakan kewenangan atau tanggung jawab alokasi vaksin sepenuhnya berada di Kemenkes,” tukasnya. (Her).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.