Pemilu 2024, Ini Jadwal Terbaru

0

JAKARTA-Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan, pemilu serentak tahun 2024 mengacu pada Undang-Undang (UU) No. 7 tahun 2017 dan UU No. 10 tahun 2016.

“Kedua undang-undang itu diamanatkan bahwa tahun 2024 akan melaksanakan pemilu secara serentak. Dalam satu tahun ada Pemilu presiden, pemilu legislatif dan juga pemilihan kepala daerah,” ujar Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/9/2021).

Lanjut Ahmad, Komisi II DPR RI, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), KPU, Bawaslu dan DKPP RI telah menyusun desain dan konsep penyelenggaraan pemilu tahun 2024.

“Sekarang kita sudah punya tim kerja bersama. Kita sudah menyusun, kita sudah punya konsep, tahapan-tahapan pemilu. Jadi misalnya yang paling penting adalah bahwa tahapan pemilu yang tadinya biasa 20 bulan, sekarang ditambah menjadi 25 bulan,” katanya.

Kata Ahmad, pihaknya juga telah melakukan simulasi pelaksanaan hari pencoblosan. Disepakati kata Ahmad pada tanggal 21 Februari untuk Pilpres dan Pileg. Sementara Pilkada digelar pada 27 November 2024.

“Ini adalah waktu atau tanggal yang paling memungkinkan setelah kita melakukan beberapa simulasi,” katanya. (Her).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.