Pemerintah siapkan Rp19 miliar perbaiki jembatan Termanu

0 17
Kupang (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp19 miliar untuk perbaikan jembatan Termanu yang rusak tergerus banjir hingga mengakibatan transportasi darat yang menghubungkan Fatuleu Barat degan Amfoang Barat Daya putus total.

“Kami sudah mendapat pemberitahuan dari Pemerintah Provinsi NTT bahwa ada bantuan dana dari Pemerintah pusat sebesar Rp19 miliar untuk perbaikan jembatan Termanu,” kata Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe ketika dihubungi ANTARA di Oelemasi, Kamis, (18/2).

Jerry Manafe mengatakan hal itu terkait upaya pemerintah Kabupaten Kupang terhadap penanganan kerusakan jembatan Termanu.

Dia mengatakan, alokasi anggaran sebesar Rp19 miliar itu merupakan dana bantuan Pemerintah Pusat tahun anggaran 2021 untuk perbaikan jembatan Termanu.

Jerry Manafe menjelaskan kondisi jembatan Termanu yang sudah dibangun beberapa tahun silam itu sudah rapuh sehingga membahayakan kendaraan maupun penumpang yang melintas diatas jembatan yang dalam kondisi miring.

“Beberapa bagian tembok jembatan Termanu sudah rusak karena tergerus air banjir. Kerusakan bangunan jembatan ini karena faktor alam akibat derasnya arus air banjir kali Termanu yang menghantam tembok jembatan dan tiang jembatan hingga rusak,”tegas Jerry Manafe.

Baca juga: Jembatan rusak berat, akses transportasi ke Amfoang putus total

Baca juga: Pemkab Kupang minta ASDP tambah jawal pelayaran Bolok-Amfoang

Menurut Jerry Manafe, perbaikan jembatan Termanu membutuhkan waktu enam bulan karena struktur kerangka bangunan jembatan yang ada saat ini mudah dibuka karena menggunakan mur.

“Kami berharap setelah musim hujan ini proses pengerjaan perbaikan jembatan Termanu sudah bisa dilakukan sehingga akses transportasi darat ke wilayah Amfoang Barat Daya bisa berlangsung normal kembali,” kata Jerry Manafe didampingi Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Kupang, Martha Para Ede. 



Source link

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.