Pemdes Golo Ndele Diduga Sunat Anggaran Bantuan Rumah

0 0

BORONG-Proyek pengadaan bahan bangunan Rumah Layak Huni (RLH) yang bernilai Rp 131.243.000 di Desa Golo Ndele, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur diduga bermasalah. Dana pengadaan material yang bersumber dari dana desa (DD) tahun 2020 silam itu diduga disunat.

Dugaan permasalahan tersebut setelah salah satu penerima bernama Donatus Jabur (42) keluhkan sikap pemerintah desa yang tidak memberikan kwitansi pembelian material.

“Saya punya material sudah terima. Namun kwintasi pembelian materialnya kami tidak diberikan,” ujar Jabur kepada infolabuanbajo.com, Senin (2/8/2021).

Berdasarkan jumlah material yang diterimanya kalau dikonversikan dengan uang berjumlah Rp15.425.000. Namun material paku tidak ada. Padahal dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) sudah dianggarkan semua material tersebut.

“Material yang saya terima yakni 5 kubik pasir, seng 85 lembar, Besi beton 10 mili 35 batang, Batu kali 1 kubik dan semen 70 sak. Sedangkan paku seng tidak ada. Artinya terjadi perbedaan antara di RAB dengan yang kami terima,” jelasnya.

Berdasarkan RAB yang diperoleh media ini, jumlah material berbeda dengan yang diberikan kepada para penerima.

Dalam RAB tersebut disebutkan Batako 2103 buah, Semen 55 sak, Besi 10 mili 36 batang, paku 5 Kg, seng berjumlah 53 lembar, pasir pasang 12 kubik dan Batu kali 5 kubik.

Berikut nama-nama penerima bantuan tersebut antara lain: Donatus Jabur, Alfonsius Ano, Fransiskus Usaha, Yakobus Lembong dan Rumah adat Gendang Ndele. (Firman Jaya).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.