Mesin Incinerator dan IPAL Milik Puskesmas Labuan Bajo Mubazir

0

Labuan Bajo– Mesin Incinerator atau penghancur limbah medis B3 dengan suhu tertentu di Puskesmas Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur terlihat Mubazir. Begitu pula dengan tangki septik Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) tampak tidak difungsikan.

Kepala Tata Usaha Puskesmas (KTU) Labuan Bajo Jeni suptipan enggan memberi komentar lebih jauh barang yang tak dimanfaatkan tersebut.

“Kalau tanya berkaitan incinerator dan IPAL besok saja karena mereka (petugas-red) hari ini tidak ada di tempat. Tapi kalau mau lihat tangki dan tempat IPAL, mari kita lihat di belakang,” ujar Jeni kepada Infolabuanbajo.com, Rabu (15/9/2021).

Jeni memastikan, pihaknya tidak mengetahui apakah incinerator dan IPAL dalam kondisi normal. “Saya tidak tahu apa masih baik atau tidak. Besok datang lagi, untuk IPAL dan umum masih berjalan lancar,” katanya.

Jeni juga menolak menjelaskan saat ditanyakan soal operasi tangki yang telah dipasang. “Saya sudah bilang, jangan tanya di saya, apa baik atau tidak. Sambil berjalan menuju tempat proyek, mari kita lihat tempat Incinerator,” jawabnya tegas.

Tangki IPAL

Pantauan infolabuanbajo.com di lokasi, tangki IPAL dan tempat Incinerator terlihat tak pernah dipakai. Bahkan di luar pagar terlihat tempat pembakaran sampah milik pihak puskesmas.

Menurut informasi yang dihimpun, proyek tersebut bersumber dari anggaran tahun 2020. IPAL adalah pengelolaan air limbah cair dari WC air cuci untuk di salurkan ke Septik tank, sementara Incenerator untuk tempat pembakaran bahan bekas medis.

Kepala dinas Kesehatan kabupaten Manggarai Barat Paul Mami belum berhasil dihubungi. Nomor ponsel yang bersangkutan di luar jangkauan. (SL).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.