Manfaatkan Stagnan Kasus Covid-19 Untuk Evaluasi

0

JAKARTA– Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjadikan informasi stagnannya penurunan jumlah kasus aktif Covid-19 menjadi perhatian khusus dalam penanggulangan Covid-19.

Hal tersebut diutarakan Bambang mengingat penurunan jumlah kasus aktif Covid-19 nasional terlihat stagnan di angka 100 ribu orang dalam sembilan hari terakhir. Sebelumnya, angka kasus aktif konsisten turun dengan cukup signifikan sejak Februari sampai akhir April dengan rekor tertinggi yang menyentuh 175 ribu orang.

“Diharapkan pemerintah dapat mengevaluasi upaya penanganan dan pengendalian kasus Covid-19 di tanah air maupun kebijakan pemerintah yang berlaku,” ujar Bambang di Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Bambang juga meminta komitmen pemerintah pusat dalam memperkuat upaya penanganan dan pengendalian kasus Covid-19 di daerah. Khususnya di daerah yang mengalami kenaikan kasus aktif dan kematian seperti yang terjadi di hampir seluruh provinsi Sumatera.

Bambang menambahkan, pemerintah daerah bersama Satgas Penanganan Covid-19 daerah untuk terus memantau kedisiplinan warga mematuhi protokol kesehatan, sekaligus membatasi mobilitas warga.

“Khususnya pada masa jelang Lebaran dengan melakukan pengetatan wilayah yakni mengendalikan pergerakan warga antardaerah baik lintas provinsi maupun kabupaten/kota, guna mencegah terjadinya lonjakan kasus di berbagai wilayah pasca libur Lebaran 2021,” tukasnya. (Red).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.