KPK OTT Kader NasDem, Johnny Plate: Terkena Masalah Ajukan Pengunduran Diri

0

JAKARTA-Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan, pihaknya prihatin dengan operasi rangkap tangan (OTT) terhadap Hasan Aminuddin yang merupakan anggota DPR RI dari Fraksi NasDem.

Namun Johnny yakin proses penegakkan hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap kadernya berlaku adil sesuai perundang-undangan yang berlaku.

“Kami tentu prihatin dan meyakini pelaksanaan penegakan hukum yang adil sesuai ketentuan perundangan yang berlaku,” ujar Johnny kepada wartawan, Senin (30/8/2021).

Meski demikian Johnny tidak terburu-buru mengambil keputusan untuk memberhentikan kadernya. Pasalnya, Partai Nasdem tetap mengacu pada sistem asas praduga tak bersalah presumption of innocence.

“Dengan tetap mengacu pada presumption of innocence yang merupakan hak setiap warga negara, Partai NasDem sudah mempunyai prosedur baku yang tegas dan ketat terkait dengan OTT atau tindakan penegakan hukum terhadap kader dan politisi NasDem yang terkena masalah seperti misalnya segera mengajukan pengunduran diri sebagai anggota dan berhenti dari semua jabatan partai. Dan kebijakan tersebut dilaksanakan secara konsisten, para kader mengetahuinya dengan baik,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, KPK kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini komisi antirasuah itu menangkap Bupati Probolinggo, Jawa Timur Puput Tantriana Sari.

Tak hanya Puput, KPK juga menangkap
anggota DPR RI Hasan Aminuddin. Hasan adalah suami Puput.

“Benar KPK telah melakukan giat penangkapan di sebuah kabupaten di Jawa Timur,” ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat dimintai konfirmasi wartawan, Senin (30/8/2021).

Diketahui, Hasan adalah anggota DPR-RI periode 2014-2019 dan 2019-2024 dari Fraksi Nasional Demokrat (NasDem). Ia pernah menjabat sebagai Bupati Probolinggo dua periode yakni 2003-2008 dan 2008-2013. Ia juga pernah menjadi ketua DPRD Kabupaten Probolinggo periode 1999-2003. (Her).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.