Kodim 1809/Maybrat Resmi Jadi Satuan Baru di Jajaran Kodam XVIII/ Kasuari

0

Maybrat,Papua Barat. Infolabuanbajo.com – Upacara Peresmian Kodim 1809/Maybrat dipimpin Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri,S.E, jumat 26 Maret 2021,bertempat di Lapangan apel Makorem 181/PVT Jl. Pramuka No. 1 Kel. Malamso Distrik Malaisimsa Kota Sorong, Prov. Papua Barat.

Danrem 181/PVT dalam amanatnya menyampaikan sejalan dengan rencana strategi penataan organisasi Kodam XVIII/Kasuari Tahun 2020-2024 tentang Pembangunan kekuatan, dan gelar Kodam XVIII/Kasuari, maka pada tahun 2021 ini rencana akan dilaksanakan secara bertahap peresmian beberapa satuan baru, peningkatan status dan alih kodal guna melengkapi organisasi yang telah ada saat ini.

“Pada hari yang berbahagia ini saya telah meresmikan Kodim 1809/Maybrat berdasarkan Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Kep/352/IV/2020 tanggal 23 April 2020 tentang persetujuan pembentukan satuan baru di jajaran Kodam XVIII/Kasuari termasuk didalamnya adalah Kodim 1809/Maybrat sebagai bagian dari Korem 181/Praja Vira Tama, berkaitan dengan hal tersebut, saya selaku Danrem 181/PVT dan pribadi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada unsur-unsur terkait yang telah membantu dalam proses penyiapan lahan dan fasilitas Markas Kodim 1809/Maybrat”.

“Selanjutnya, pada kesempatan ini pula saya sekaligus melantik Letkol Inf Harry Ismail sebagai Dandim pertama di Kodim 1809/Maybrat, disertai ucapan Selamat Menjalankan Tugas di Kabupaten Maybrat, harapan saya kehadiran Kodim di wilayah Kabupaten Maybrat ini akan dapat memberikan kontribusi positif dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah membantu Bupati selaku Kepala Daerah melalui forum Forkopimda guna membangun Kabupaten Maybrat menjadi daerah yang aman, lebih maju dan sejahtera dimasa yang akan datang”

“Berkenaan dengan wabah Covid-19 yang sedang melanda saat ini saya minta Kodim 1809/Maybrat dapat membantu dalam mencegah penularan melalui pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19 serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah yang terdampak bersama Pemerintah Daerah”

Sebelum mengakhiri amanatnya, Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri, S.E. memeberian beberapa atensi kepada para prajurit kodim 1809/Maybrat dalam melaksanakan tugas ke depan, diantaranya :

1) Selalu tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalankan tugas sebagai landasan moral.

2) Pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam menjalankan tugas-tugas pembinaan teritorial.

3) Jaga kesehatan melalui pembinaan fisik serta bangun semangat jiwa korsa dan kerjasama team yang solid, serta jaga nama baik Satuan.

4) Segera beradaptasi dengan lingkungan tugas yang baru sebagai amanah dari Tuhan Yang Maha Esa dan menyesuaikan diri dengan adat istiadat masyarakat di wilayah tugas.

5) Laksanakan tugas pembinaan teritorial dengan mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis serta menghargai kearifan lokal masyarakat.

6) Jalin kerjasama dan sinergitas dengan Forkopimda, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan segenap komponen masyarakat lainnya dalam rangka membangun Kabupaten Maybrat serta lakukan pembenahan pangkalan secara bertahap, kembangkan inovasi dan kreatifitas dengan tulus dan ikhlas bagi kemajuan Kodim 1809 /Maybrat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Staf khusus Gubernur Yeri, S.H., Bupati Kab. Maybrat DR. Drs.Bernad Sagrim, M.M beserta Istri, para Kasi Kasrem 181/PVT, para Komandan Satuan dan Kabalak Aju Jajaran Korem 181/PVT beserta istri, Danyon RK 762/VYS Letkol Inf Charlie Clay L. Sondakh S.E. beserta istri, Kapolres Kota Sorong AKBP Ary Nyoto Setiawan, S.IK, Kapolres Kab. Sorong AKBP R.A. Pandingan, S.IK, Kapolres Sorsel AKBP Sahat, M.H Siregar, S.H., beserta istri, Danyonzipur 20/PPA Mayor Czi Donny Pramudya Mahardi beserta istri, Kasi Intel Kajari Kota Sorong Rafles Devil Napitupulu, S.M., M.H., Ketua Persit KCK Koorcab Rem 181 PD XVIII Kasuari beserta Pengurus dan Forkopimda Kabupaten Maybrat.

Kris Ralle
(Sumber,Penrem 181/PVT)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.