Keuskupan Denpasar Relakan Lahan Untuk Pembangunan Ruas Jalan Dalam Kota Labuan Bajo

0 388

 

Labuan Bajo,InfoLabuanBajo.com- Terobosan Bupati Edi dan Wabup Weng ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak termasuk para pemilik lahan yang menjadi lokasi pembangunan ruas jalan yang akan dirintis tersebut.

Adapun para pemilik lahan tersebut diantaranya milik Keuskupan Denpasar. Uskup Denpasar Mgr Silvester San saat menjamu kunjungan Bupati Edi di Denpasar beberapa waktu lalu megatakan, untuk kepentingan rakyat dan umat pihaknya merelakan lahan keuskupan untuk pembangunan ruas jalan baru.

“Untuk kepentingan rakyat banyak, tentu kami dukung penuh,” kata Uskup Silvester San, ketika menerima Bupati Edi Endi dan rombongan, di Istana Keuskupan Denpasar, Jalan Tukad Balian Renon, Denpasar, Jumat 19 Maret 2021 lalu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Edi Endi yang didampingi Wakil Ketua DPRD Manggarai Barat Marselinus Jeramun, Komandan Kodim (Dandim) 1612 Manggarai Letkol Kav Ivan Alfa, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, dan rombongan.

Tak hanya keuskupan Denpasar, dukungan serupa juga diberikan pemilik konsorsiu Alam KulKul Haji Feisol Hashim, saat ditemui Bupati Edi Endi dan rombongan di Hotel Alam KulKul Kuta, Bali, Sabtu 20 Maret 2021.

Pengusaha pariwisata kelahiran Malaysia itu bahkan sangat mengapresiasi niat baik Bupati Edi Endi dalam memajukan pariwisata Manggarai Barat.

“Manggarai Barat memang harus dipimpin oleh figur visioner seperti Edi Endi,” ujar Haji Feisol Hashim.

Ia juga mengaku mendukung penuh program Bupati Edi Endi, termasuk terkait pembukaan ruas jalan baru tersebut. Menurut dia, kemajuan sebuah daerah tidak bisa hanya mengharapkan program pemerintah. Namun harus didukung oleh seluruh komponen masyarakat.

“Apa yang dilakukan pemerintah, termasuk Bupati Edi Endi, tentu dalam rangka kesejahteraan masyarakat. Itu bisa berjalan baik, jika mendapat dukungan masyarakat termasuk pengusaha. Dan saya sangat mendukung program Bapak Bupati,” tutur Haji Feisol Hashim.

Secara terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat Martinus Mitar mengapresiasi berbagai langkah yang diambil Bupati Edi Endi di awal kepemimpinannya.

Penataan aset, birokrasi, hingga wajah kota Labuan Bajo, dipandangnya sebagai langkah penting dalam mendukung identitas Labuan Bajo sebagai daerah pariwisata super premium.

Khusus terkait pembukaan ruas jalan baru, Marten Mitar menegaskan, hal tersebut dipastikan akan memberikan dampak yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi di Bumi Komodo itu.

“Pembukaan ruas baru, tentu akan diikuti dengan pertumbuhan ekonomi. Jadi kami dari lembaga dewan, tentu mengapresiasi sekaligus mendukung penuh program Bapak Bupati ini,” tegas Marten Mitar.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat, agar turut mendukung program kerja Bupati Edi Endi bersama Wakil Bupati Yulius Weng.

“Mari kita mendukung penuh program Bapak Bupati dan Wakil Bupati. Kami berkeyakinan, apa yang dilakukan pemerintah saat ini seutuhnya diarahkan untuk kesejahteraan masyarakat Manggarai Barat,” kata politisi Partai NasDem itu.

Sementara itu Bupati Edi Endi, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur karena beberapa program kerja saat ini berjalan dengan baik. Demikian halnya dengan pembukaan ruas jalan baru, mendapat dukungan penuh dari masyarakat khususnya para pemilik lahan.

Mantan ketua DPRD Manggarai Barat ini tak menampik, semula banyak pihak yang meragukan program ini. Maklum, pembukaan jalan baru umumnya berkaitan dengan urusan pembebasan lahan. Sementara di sisi lain, pemerintah tidak mengalokasikan dana untuk hal tersebut.

“Tetapi puji Tuhan, semua berjalan dengan baik. Baik masyarakat maupun pengusaha pemilik lahan, memahami kondisi ini dan tanpa paksaan merelakan lahan mereka untuk pembangunan ruas jalan baru ini,” tutur Bupati Edi Endi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para pemilik lahan untuk kebesaran hati dan kerelaannya ini. Apa yang dilakukan ini adalah bentuk dukungan nyata bagi kemajuan Manggarai Barat,” imbuhnya.

Selain untuk menunjang pertumbuhan ekonomi, lanjut Bupati Edi Endi, pembukaan ruas jalan baru ini dalam rangka memudahkan akses menuju spot-spot wisata serta pusat ekonomi di Manggarai Barat, khususnya Labuan Bajo.

“Ke depan, kita mendorong supaya ruas-ruas jalan ini berstatus jalan pariwisata. Ini terkait dengan tanggungjawab perawatannya ke depan,” tegas Bupati Edi Endi.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.