Jimly Asshiddiqie: Evaluasi Menyeluruh Kinerja Kelembagaan Bangsa dan Negara

0

JAKARTA– Anggota DPD RI Jimly Asshiddiqie menegaskan, perlunya evaluasi menyeluruh tentang kinerja kelembagaan berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut dikatakan Jimly dalam diskusi yang bertajuk “Revitalisasi Lembaga MPR” di Media Center DPR, DPD dan MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (4/10/2021).

“Kalau ada yang menggunakan bahwa ada program resmi dari pemerintah reformasi birokrasi, saya bilang itu terlalu sempit, bukan hanya birokrasi tapi reformasi kelembagaan, tapi kelembagaan pun bukan hanya kelembagaan negara,” tegas Jimly.

Menurut Jimly, sejatinya harus dievaluasi mulai dari kelembagaan politik, sosial dan ekonomi. Evaluasi kata Jimly merupakan warisan kolonial abad ke 8 sampai ke 19.

“Kalau ada 10 orang, 11 orang pemerintahan, 1 orang 90 persen, lalu 10 orang masig-masing 1% sampai mati cuma satu orang itu aja yang menentukan keputusan,” katanya.

Jimly menambahkan, semua kelembagaan bernegara harusnya dievaluasi. Jimly juga ingin MPR dan lembaga yang lain harus juga dikembangkan pengertian perannya.

“Status formal dan status fungsional, peran formal dan peran fungsional,” tegasnya. (Her).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.