Ini Tantangan Serius Menuju Destinasi Wisata di Manggarai Timur

0

BORONG– Kabupaten Manggarai Timur (Matim) tak kalah saing dengan Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat soal sektor pariwisatanya. Spot wisata di Manggarai Timur bergelimang. Sebut saja agrowisata dan ekowisata yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi para pelancong. Salah satunya Danau Rana Tonjong yang terletak di Kecamatan Sambi Rampas.

Meski demikian destinasi wisata di Kabupaten yang dipimpin Bupati Andreas Agas tersebut tak seramai destinasi wisata super Premium Manggarai Barat. Padahal, soal keindahan semuanya sama. Bahkan para pelancong susah “move on” kalau sudah mengunjungi sejumlah tempat tersebut.

Danau Rana Tonjong (Foto: Kompas.com)

Permasalah serius yang menjadi tantangan menuju tempat wisata idaman di Manggarai Timur adalah infrastruktur. Hal tersebut juga menjadi atensi dari Anggota DPRD Provinsi NTT Dapil Manggarai Raya Yohanes Rumat.

Menurut Yohanes, sejumlah objek wisata yang jaraknya jauh dari ibukota Kabupaten atau Kecamatan perlu memperbaiki infrastruktur dasar. Sebab hal tersebut merupakan penunjang utama majunya setiap destinasi wisata.

“Kalau ada obyek wisata yang menarik di Matim yang jauh dari radius ibukota kabupaten atau kecamatan, yang dibutuhkan adalah infrastruktur dasar dulu seperti jalan yang bagus, suplay listrik dan air minum bersih. Dan dokumentasi pengalihan aset tanah atau obyek wisata yang direncanakan, ditata oleh pemerintah,” ujar Yohanes kepada Infolabuanbajo.com, Senin (23/8/2021).

Apabila fasilitas dasar tersebut kata Yohanes sudah terpenuhi, maka dilanjutkan dengan penataan destinasi wisata yang diunggulkan.

“Langkah lanjutan mempengaruhi orang untuk tingkat kunjungan Wisnu atau Wisman datang ke sana sebanyak mungkin. Kalau mereka sudah datang maka Usaha Kecil Menengah atau masyarakat lokalnya diperdayakan untuk berbisnis kuliner, artshop dan buah buahan,” tukas Politisi PKB ini. (Red/Her).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.