Industri Event Dan MICE Siap Diselenggarakan Dengan Protokol CHSE

0 58

Jakarta, Infolabuanbajo.com- Dalam Acara Bincang-Bincang Industri Event dan MICE, senin (8/3/2021), Menparekraft Sadiaga Uno menyatakan komitmenya untuk bergerak cepat dalam proses implementasi protokol kesehatan CHSE untuk industri event dan MICE

CHSE adalah penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan). Protokol CHSE ini merupakan strategi Kemenparekraf sebagai lembaga yang menaungi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, agar dapat diimplementasikan oleh badan usaha masyarakat untuk menggerakan kembali perekonomian masyarakat yang berkecimpung di sektor parekraf.  Panduan CHSE ini juga diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyrakat dan industry parekraf dalam mengadaptasi kebiasaan baru.

Kemenparekraf sendiri menilai bahwa kunci utama dalam pengembalian kondisi harus dilakukan melalui protokol kesehatan yang disiplin. Program ini hadir sebagai upaya pemerintah dalam menciptakan ruang yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

Program ini akan dilaksanakan dengan pemberian sertifikat CHSE yang ditujukan kepada usaha pariwisata, usaha atau fasilitas lain yang terkait, lingkungan masyarakat, hingga destinasi pariwisata.

  • Usaha pariwisata meliputi jasa transportasi wisata, hotel/homestay, rumah makan/restoran, hingga Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions(MICE).
  • Usaha/fasilitas lain yang terkait meliputi pusat informasi wisata, tempat penjualan oleh-oleh dan cinderamata, toilet umum, dan usaha atau fasilitas lain yang terkait pariwisata.
  • Lingkungan masyarakat meliputi lingkup administratif seperti Rukun Warga, Desa, atau Dusun yang menjadi bagian dari kawasan wisata atau berdekatan dengan lokasi wisata.
  • Destinasi wisata meliputi seluruh destinasi yang berada dalam lingkup provinsi: kota/kabupaten atau desa/kelurahan.

Sertifikasi ini akan menjadi bukti bahwa pelaku usaha telah memiliki, menerapkan, hingga meningkatkan protokol kesehatan di usahanya masing-masing. Selain itu, wisatawan dan masyarakat pun dapat merasa terjamin dengan pemenuhan standar protokol kesehatan CHSE. ( ILB 2 )

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.