Gelar Operasi Patuh Jaya, Polda Metro Jaya Akan Tindak Pemotor Knalpot Bising dan Pelanggar Prokes

0

JAKARTA– Polda Metro Jaya menggelar apel operasi patuh Jaya 2021 di Lapangan Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (20/9/2021). Apel tersebut dihadiri langsung Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran.

“Pagi hari ini kita melaksanakan apel Ops patuh jaya 2021 untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil dan sarana pendukung lain sehingga kegiatan Ops patuh jaya dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan dan sasaran,” ujar Fadil dalam sambutannya.

Menurut Fadil, operasi patuh jaya kali ini melibatkan 3070 personil. Rinciannya adalah 1391 personil satgasda dan 1679 satgaspres. “Dilaksanakan 14 hari mulai dari 20 September sampai 3 Oktober 2021,” jelasnya.

Fadil menjelaskan, tujuan operasi tersebut untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas dan meningkatkan kedisiplinan dalam menaati protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Sehingga dapat mewujudkan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalu lintas dan memutus rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Sebenarnya kata Fadil, operasi tersebut untuk memberikan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat supaya tertib berlalu lintas, disiplin prokes dan batasan pada moda transportasi umum, tempat perbelanjaan, resto dan fasilitasi umum selama PPKM sesuai instruksi Mendagri No. 42 tahun 2021.

“Melaksanakan manajemen rekayasa lalin, dalam pencegahan kecelakaan lantas,” katanya.

Humanis

Fadil pun perintahkan semua jajarannya untuk secara humanis melakukan penindakan kepasa pelanggaran knalpot bising, polusi suara yang sangat mengganggu kenyamanan masyarakat.

“Polusi suara mengganggu konsentrasi sehingga dapat menimbulkan kecelakaan, polusi suara menjadi awal perbuatan pidana karena ketersinggungan sehingga bisa terjadi perkelahian atau Penganiayaan,” jelasnya.

Selanjutnya kata Fadil, pihaknya akan menindak pelaku pelanggaran penggunaan lampu rotator yang tidak sesuai atau peruntukannya.

“Berikan edukasi atau pemahaman bahwa penggunaan lampu rotator ada ketentuannya,” jelasnya.

Selain itu kata Fadil soal balapan liar. Resiko kecelakaan lalu lintas dan resiko penularan karena kerumunan akibat balapan liar perlu diurai bersama agar DKI Jakarta semakin aman dan nyaman. “Khususnya di malam hari pada Minggu weekend,” tukasnya. (Her).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.