Elit Partai Sudah Perhitungkan Pergantian DPC Hanura Manggarai Timur

0

BORONG-Dosen Politik Universitas Nusa Cendana Kupang Umbu TW Pariangu menilai isu pergantian Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Manggarai Timur merupakan fenomena biasa saat menjelang kontestasi elektoral.

Diketahui DPP Partai Hanura dikabarkan akan merombak pucuk pimpinan DPC Partai Hanura Manggarai Timur. Saat ini DPC Hanura Manggarai Timur dipimpin oleh Frumensius Frederik Anam.

Calon kuat yang menggantikan posisi pria yang akrab disapa Mensi Anam itu dikabarkan akan diisi oleh Bernadus Nuel yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Manggarai Timur mewakili Partai Hanura.

“Fenomena atau isu tersebut biasa terjadi saat menjelang kontestasi elektoral. Hanura secara institusi tentu punya pertimbangan dan strategi tersendiri untuk memajukan mesin partai termasuk untuk menghadapi pileg 2024. Saya rasa isu tersebut merupakan cerminan dari kalkulasi politik partai dalam membaca peluang elektoral di 2024,” ujar Umbu kepada Infolabuanbajo.com, Minggu (6/6/2021).

Namun Umbu meminta DPP Hanura harus hati-hati. Karena setiap putusan politik di internal parpol tentu punya konsekuensi baik dalam hal kepentingan soliditas partai maupun untuk konsolidasi partai untuk dukungan politik di 2024.

“Jangan sampai putusan yang diambil justru menimbulkan gesekan politik di tubuh Hanura Matim dan ini justru akan jadi blunder politik,” katanya.

Dikatakan Umbu, hal paling pokok yang dilakukan oleh partai politik termasuk Hanura saat ini menjaga kekompakan struktur partai dalam merawat basis elektoral partai di Matim, menerjemahkan agenda dan spirit elite partai pusat secara baik.

“Termasuk kurangi isu atau wacana yang berpotensi menaikkan sentimen friksi, sehingga kerja pemenangan politik tidak terhambat alias bisa berjalan efektif,” jelasnya.

Namun kata Umbu, jika memang dibutuhkan suatu strategi taktis untuk konsolidasi elektoral jelang 2024 ke depan, maka harus bisa dipastikan apakah Bernadus Nuel punya kemampuan atau kapabilitas untuk naikkan elektoral Hanura di Matim ke depan.

“Terlebih untuk menjadi partai pemenang di DPRD Matim. Bagaimana tingkat penerimaan basis akar rumput Hanura terhadapnya, dan lain sebagainya? Saya pikir elite partai sudah menghitung-hitung ini secara cermat. Karena elite partai tentu tidak mau ceroboh,” tukasnya. (Firman Jaya).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.