Dukung Tes Covid-19 Gunakan Metode Kumur

0 1

JAKARTA– Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung adanya alternatif tes Covid-19 dengan menggunakan metode kumur (gargling) di rongga tenggorokan.

Bambang pun meminta pemerintah menyampaikan kepada masyarakat bahwa metode gargling dapat dipergunakan dan tidak berbahaya. Mengingat metode tersebut juga dipakai oleh sebagian masyarakat ketika membersihkan gigi.

“Metode ini juga dapat digunakan bagi masyarakat yang sulit untuk melakukan tes usap pada hidung dikarenakan tersumbatnya hidung sehingga dapat menghambat proses dilakukannya tes usap,” ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta, Rabu (7/7/2021).

Selanjutnya Bambang meminta pemerintah bekerja sama dengan para ahli terutama dokter telinga, hidung, dan tenggorokan atau THT untuk menjelaskan kepada masyarakat mengenai keakuratan dan sensitivitas hasil tes dengan menggunakan metode tersebut.

“Jelaskan cara menggunakan metode gargling sehingga dengan metode tersebut dapat efektif mencegah penyebaran dan perkembangan covid-19, dan memberikan petunjuk saat melakukan metode gargling,” tegasnya.

Pemerintah kata Bambang juga harus memastikan bahwa tes Covid-19 tersebut tetap harus dilakukan dibawah pengawasan medis dan memastikan alat tidak diperjualbelikan secara bebas.

Diketahui, PT Bio Farma bekerjasama dengan perusahaan rintisan bioteknologi Nusantics membuat inovasi terkait alat tes COVID-19. Alat tes bernama Bio Silva itu menggunakan metode kumur (gargling) untuk pengambilan sampelnya.

Kemudian, sampel diperiksa menggunakan alat PCR (polymerase chain reaction). Bio Silva disebut-sebut bisa digunakan untuk alternatif pengambilan sampel pemeriksaan PCR selain yang umum dilakukan menggunakan swab nasofaring-orofaring.

“Gargle-PCR memiliki sensitifitas hingga 95 persen sehingga dapat digunakan sebagai alternatif selain gold standard swab nasofaring-orofaring menggunakan PCR Kit,” kata Biofarma dalam siaran pers. (Her).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.