Dinas PUPR Matim Harus Tanggungjawab Atas Proyek Mubazir di Desa Rana Masak

0

BORONG-Kepala Desa Rana Masak Fransiskus Hada mendesak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Manggarai Timur agar bertanggungjawab terhadap proyek Air minum yang mubazir di wilayah administrasinya.

“Pihak kontraktor juga harus bisa bertanggung jawab. Apa lagi airnya saat itu hanya dialiri satu hari saja,” ujar Fransiskus kepada infolabuanbajo.com, Sabtu (21/8/2021).

Menurut Fransiskus, masalah utama di desanya kelangkaan air minum bersih. Bantuan lain tanpa penuhi kebutuhan utama tersebut kata Fransiskus menjadi sia-sia.

“Percuma Dinas PUPR beri bantuan lain, misalnya seperti MCK. Kan percuma kalau airnya saja tidak ada. Kami sebagai masyarakat Rana Masak sangat mengharapkan proyek air minum yang sudah menghabiskan dana miliaran rupiah ini agar secepatnya dialiri air,” katanya.

Fransiskus menambahkan, anggota DPRD Manggarai Timur selalu menyuarakan proyek tersebut. Namun pihak penanggungjawab tidak pernah gubris. “Hingga saat ini belum ada titik penyelesaiannya,” tegasnya.

Fransiskus membenarkan anggaran proyek tersebut berjumlah Rp2,7 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Kusus ( DAK) Tahun 2020. “Proyeknya Dinas PUPR tahun 2020 yang bersumber dari DAK,” tukasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Infolabuanbajo.com, proyek yang menghabiskan anggaran Rp2,7 Milyar tersebut dikerjakan oleh PT. Arison Karya Pratama dengan Perencanaan CV. Bayu Pratama.

Proyek tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020, dengan kontrak awal kerja 9 September 2020 dan berakhir pada 18 Desember 2020. Dengan nomor kontrak 82.02.06/PPK.CK-DPUPR/IX/2020.

Pengerjaan proyek Air Minum Bersih ini juga sebelumnya telah menjadi rekomendasi kerja Panitia Khusus (Pansus) LKPJ DPRD Matim.

Dalam rekomendasi tersebut, DPRD meminta dinas PU kabupaten Manggarai Timur untuk secepatnya selesaikan proyek pengerjaan air minum bersih tersebut agar bisa dimanfaatkan oleh Masyarakat.

Reporter: Firman Jaya

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.