Desa Liang Ndara Terima Sertifikat dan Piagam Desa Wisata Berkelanjutan di Indonesia

0 191

Labuan Bajo, infolabuanbajo.com – Desa Liang Ndara, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat dinobatkan sebagai salah satu desa wisata berkelanjutan di Indonesia bersama 16 desa wisata lainnya. Penobatan itu secara resmi ditandai dengan penerimaan sertifikat dan piagam penghargaan dari Lembaga Sertifikasi Dewan Kepariwisataan Berkelanjutan Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Penyerahan sertifikat diberikan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, pada Selasa, (02/03/2021).

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno menjelaskan bahwa, prinsip desa wisata adalah menggerakkan ekonomi masyarakat, UMKM, menciptakan lapangan pekerjaan, dan melestarikan lingkungan.

Untuk itu, lanjut Sandiaga, hinggah tahun 2024, pemerintah telah menargetkan 244 desa wisata menyusul 16 desa wisata sebelumnya yang sudah terpilih sebelumnya sesuai dengan RPJMN 2020 – 2024. Hal ini menurutnya merupakan wujud komitmen peraturan Menteri Pariwisata No. 14 Tahun 2016 tentang pedoman destinasi pariwisata berkelanjutan.

“Program ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam hal ini Kemenparekraf untuk mendorong “Quality Tourism”. Desa wisata diharapkan mampu mempertahankan serta meningkatkan kualitas produk wisata mereka dan juga produk ekonomi kreatif lokal. Satu hal yang penting adalah harus ada komitmen penuh dalam pengembangan pariwisata dengan menyesuaikan kondisi terkini (pandemi Covid-19) yang tentu saja dalam proses penerapannya harus memprioritaskan aspek CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan),” ungkapnya.

Dalam kurun waktu sekisar sepuluh tahun terakhir, desa ini mendandani diri menjadi desa wisata yang berfokus pada wisata budaya. Sisi lain, Desa Liang Ndara memiliki banyak atraksi pariwisata mulai dari wisata alam, aktivitas masyarakat, hingga flora dan fauna.

“Kami tentu saja sangat senang dengan prestasi ini, setidaknya kami menjadi yakin untuk melangkah ke depannya. Sangat optimis untuk membangun dan mengembangkan desa kami menjadi desa wisata yang lebih baik,” jelas Karolus Vitalis, Kepala Desa Liang Ndara.

Menanggapi prestasi gemilang ini, direktur Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo – Flores, Shana Fatina mengatakan bahwa, terpilihnya Desa Liang Ndara sebagai salah satu desa wisata berkelanjutan pada tataran level nasional tentu saja memberikan efek kepercayaan diri yang baik. Harapannya tentu saja, desa wisata lainnya dapat menyerap semangat dari prestasi Desa Liang Ndara yang sangat konsisten mendesain daerahnya berbasis kepariwisataan.

“Kita patut berbangga dengan prestasi Desa Liang Ndara ini. Selama ini mereka sangat konsisten membangun desanya menjadi desa wisata dan memberikan sebuah hasil yang baik. Salah satunya adalah mendapatkan sertifikat sebagai desa wisata berkelanjutan. Harapannya tentu saja, semangat dari prestasi ini dapat ditularkan kepada desa wisata lainnya sehingga mereka tumbuh lebih baik dengan karakteristiknya masing-masing”, terang Shana.

Laporan: Jefry Dain

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.