Data WNI di Afghanistan

0

JAKARTA– Pemerintah terus mematangkan rencana evakuasi bagi sekitar 15 warga negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Afghanistan. Kondisi negara tersebut dalam ketidakpastian setelah kelompok Taliban menguasai pemerintahan pada Minggu (15/8/2021).

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu RI) bersama Kedutaan Besar RI di Afghanistan untuk segera menyiapkan upaya evakuasi WNI yang berada di Afghanistan.

Hal tersebut kata Bambang sebagai upaya mengantisipasi perkembangan politik yang dramatis atau situasi yang semakin tidak kondusif di samping tetap terus melakukan pemantauan mengenai situasi keamanan di Afghanistan.

“Kemenlu RI segera menginstruksikan ke KBRI untuk mendata warga negara Indonesia yang berada di sana,” ujar Bambang kepada wartawan, Rabu (18/8/2021).

Bambang juga meminta komitmen pemerintah RI untuk dapat memastikan bahwa keselamatan WNI termasuk staf Kedutaan Besar RI (KBRI) di Kabul menjadi prioritas bagi pemerintah.

“Berharap penyelesaian gejolak politik di Afghanistan dapat segera terjadi agar dapat menciptakan perdamaian, sebagaimana yang sangat diharapkan oleh masyarakat Afghanistan dan dunia internasional,” tukasnya. (Her).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.