Dana Covid-19 Desa Nampar Tabang Menggiurkan, Ini Kata Kades

0

LAMBA LEDA – Situasi pandemi Covid-19 yang kian menjadi-jadi, tentu menjadi momok yang menakutkan bagi semua pihak. Untuk mengantisipasinya, pemerintah kini telah mengeluarkan beberapa peraturan perundang – undangan, seperti Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Pengunaan Dana Desa Tahun 2021.

Dalam poinnya, Dana Desa (DD) Tahun 2021 diprioritaskan untuk mengurangi dampak sosial dan ekonomi, Bantuan Lansung Tunai (BLT), Padat Karya Tunai Desa (PKTD), serta untuk penanganan penyebaran covid-19.

Sebagai implementasinya, Pemerintah Desa (Pemdes) Nampar Tabang, di Kecamatan Lamba Leda Utara, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah membentuk Satuan Gugus Tugas (Satgas) untuk penanganan Covid-19.

Kepala Desa (Kades) Nampar Tabang Hilarius Teguh mengatakan, pembentukan satgas tersebut telah dikukuhkan melalui Surat Keputusan Kepala Desa Nampar Tabang Nomor 05 Tahun 2021.

“Pembentukan satgas tersebut terdiri dari unsur Perangkat Desa, BPD, Ketua RT, Tenaga Kesehatan, PKK Desa, serta Karang Taruna Desa, yang dikukuhkan melalui Surat Keputusan Kepala Desa Nampar Tabang Nomor 05 Tahun 2021,” ujar Hilarius kepada infolabuanbajo.com, Jum’at (16/4/2021).

Dikatan Hilarius, selain untuk mensosialisasikan kebiasaan baru terkait penerapan 5M, Satgas tersebut akan selalu siap satu kali 24 jam untuk mengantisipasi kehadiran pendatang baru di Desa tersebut.

“Adapun kegiatan tugas Satgas kedepan adalah untuk menerapkan kebiasaan baru dengan ketat terkait penerapan 5 M (mengunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilisasi). Selain itu, Satgas selalu siap 1 kali 24 jam untuk mengantisipasi kehadiran pendatang baru yang masuk ke wilayah Desa”, jelasnya.

“Para Ketua RT selalu siap untuk melaporkan setiap warga baru yang masuk, untuk diskrining dan dan penyemprotan serta selanjutnya berkoordinasi dengan pihak puskesmas dalam rangka mengantisipasi penyebaran covid 19 di wilayah Desa”, lanjutnya.

Selain itu kata Hilarius, untuk penanganan Covid-19, pihaknya telah mengalokasikan 8% atau sebesar Rp 84.436.880 dari DD tahun 2021. Hal itu telah diatur dalam surat edaran Bupati Manggarai Timur Nomor DPMD.416/47/II/ 2021, tentang pembentukan Satgas Desa Aman Covid – 19 di wilayah tersebut

“Terkait pembiayaan, setiap desa wajib menganggarkan 8 % dari pagu Dana Desa Tahun 2021 untuk penanganan covid. Sesuai surat edaran Bupati Manggarai Timur Nomor DPMD.416/47/II/ 2021, Tentang Pembentukan Satgas Desa Aman Covid 19 dalam Wilayah Kabupaten Manggarai Timur, anggaran 8 % Dana Desa Nampar Tabang tahun 2021 berjumlah Rp 84. 436.880, untuk prioritas penanganan covid 19”, jelasnya.

“Untuk merealisasikan anggaran tersebut, Pemdes Nampar Tabang melalui Satgas Desa Aman Covid 19 telah melakukan belanja-belanja disinfektan, menyiapkan posko Relawan yang berpusat dikantor Desa Nampar Tabang, menyiapkan ruangan isolasi desa, serta telah membagikan insentif bagi anggota Satgas untuk 3 bulan”, tutupnya. (Flori Edi).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.