Ansy Lema: Traktor Menyerah Buka Lahan Baru di Timor

0

JAKARTA– Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDIP Yohanis Fransiskus Lema atau Ansy Lema mengatakan, propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mempunyai lautan yang luas. Potensi kelautannya kata Ansy sangat luar biasa.

“Jumlah pulau di NTT banyak sekali. Luas wilayah NTT sebenarnya antara darat dan lautan lebih luas lautan. Sebenarnya potensi kelautan kita ini juga luar biasa,” ujar Ansy di hadapan Keluarga Flobamorarosa di Bogor Timur.

“Kalau bicara kelautan, kita punya tiga sektor unggulan kita. Bicara NTT, bicara tuna cakalang tongkol (TCT). Sayangnya kebudayaan masyarakat kita, lebih orientasinya ke gunung. Dengan demikian sektor kelautan kita masih banyak belum digarap,” tambahnya.

Ansy tak menampik banyaknya lahan tidur di NTT khususnya wilayah daratan Timor. Namun banyaknya lahan tidur kata Ansi lantaran negara selalu tidur dalam mengurus NTT.

“Tetapi kenapa manusia dan lahan tidur banyak, karena negaranya tidur. Karena negaranya tidur, apa maksudnya? Kalau kita pernah berkeliling di Timor, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, TTS, pernah juga sumba, kondisi tanah di sana keras dan berbatu,” katanya.

“Kalau saya bandingkan dengan Flores, jauh lebih hijau, subur ketimbang Dapil saya di Timor. Untuk buka lahan di Kabupaten Kupang, jangan kan mengandalkan traktor roda dua, traktor roda empat saja, itu juga menyerah. Karena kondisi tanah yang sulit,” tukasnya.

Untuk itu Ansy berjuang melalui Kementerian menyumbang exafaktor untuk untuk membuka lahan baru yang tandus di Dapilnya menjadi lahan pertanian yang subur. (Red).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.