Andreas Pareira Bagikan Beasiswa PIP Aspirasi Tahun 2021, Ini Sasarannya

0

JAKARTA-Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan dari Dapil NTT 1 Andreas Hugo Pareira membagikan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Aspirasi tahun 2021 sejak 27-29 Agustus 2021.

PIP aspirasi tersebut dibagikan untuk peserta didik di tiga (3) Kabupaten yaitu Flores Timur, Sikka, dan Ende. Pembagian yang dimulai di Flores Timur ini dilaksanakan dengan cara virtual dari Jakarta yang dihadiri secara langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Flores Timur Robert Kreta, Perwakilan Pemkab Flores Timur, juga Anggota DPRD Flores Timur F-PDIP di Larantuka.

Sementara itu, Andreas berkesempatan menyerahkan langsung beasiswa PIP Aspirasi ini di Kabupaten Sikka dan Ende yang didampingi oleh Bupati Sikka Robby Idong, Ketua DPRD Sikka Donatus David, Anggota DPRD NTT F-PDIP Emanuel Kolfidus, Sekretaris Dinas PKO Kabupaten Sikka, juga Anggota DPRD Kabupaten Sikka F-PDIP.

Sedangkan untuk penyerahan di Kabupaten Ende, Andreas didampingi oleh Ketua DPRD Ende Ferry Tasso, Anggota DPRD Provinsi NTT Emanuel Kolfidus, Perwakilan Dinas PKO Kab. Ende, Anggota DPRD Ende F-PDIP dan perwakilan dari Bank Penyalur.

Andreas mengatakan, beasiswa PIP ini merupakan aspirasi masyarakat melalui Anggota Komisi X DPR RI yang membidangi bidang pendidikan dan bermitra dengan Kemendikbud-Ristek RI.

Proses pengusulan PIP ini kata Andreas, peran sekolah dan operator sangat penting untuk menginput nama para siswa ke dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sehingga dapat diakomodir.

“Hal ini dikarenakan selama proses penginputan oleh tim beliau, masih banyak ditemukan sekolah-sekolah yang Dapodiknya belum lengkap atau kosong,” kata Andreas.

Kepada para penerima PIP yang diwakili oleh para Kepala Sekolah Andreas menyampaikan pemanfaatan dana ini harus dikomunikasikan dengan para orang tua murid dan siswa-siswi,

“Dia menyarankan dalam proses pencairan di Bank penyalur sebaiknya dilakukan dengan cara kolektif untuk menghindari terjadinya kerumunan dalam masa pandemi Covid 19 ini,” katanya.

Untuk tahun 2021, Andreas akan menyerahkan 35.000 beasiswa PIP Aspirasi yang terdapat di lebih dari 900 Sekolah baik sekolah dasar, menengah, menengah atas dan SMK yang ada di Flores-Lembata-Alor.

“Dana PIP Aspirasi yang berjumlah Rp450.000 untuk siswa SD, Rp 750.000 untuk SMP, dan Rp 1.000.000 untuk SMA/K dapat dipergunakan untuk menunjang kegiatan belajar siswa dalam masa pandemi ini, baik untuk membeli keperluan sekolah seperti buku dan seragam, membayar iuran, ataupun membeli smartphone/pulsa data untuk menunjang proses belajar online,” tukasnya. (Her).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.