Amandemen UUD 1945 Wacana Aktor Politik

0

JAKARTA– Pengamat Komunikasi Politik Emrus Sihombing menduga wacana amandemen UUD 1945 hanya dihembuskan segelintir orang. Dalam hal ini, sejumlah aktor politik tertentu.

“Saya menyatakan isu tentang amandemen itu hanya disampaikan oleh segelintir orang saja,” ujar Emrus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/9/2021).

Jika amandemen tersebut sangat penting dan suatu keterdesakan yang nyata maka Emrus mengusulkan kepada Ketua MPR RI Bambang Soesatyo untuk mengeluarkan Surat Keterangan (SK) membentuk Tim Panitia.

“Berbicara tentang amandemen UUD 1945 sangat penting, karena itu menyangkut nasib bangsa dan negara. Di dalam tim itu semua tokoh masyarakat ada, tokoh agama, tokoh politik, para jurnalis, Akademisi di bidangnya yaitu akademisi politik, akademisi sosiolog, antropolog dll,” katanya.

Menurut Emrus, mempersatukan semua elemen tersebut secara holistik bisa menghasilkan UUD 1945 yang lebih komprehensif, lebih mendalam dan terlepas dari pada kepentingan kepentingan politik pragmatis dari seseorang maupun sekelompok orang.

“Saya terus terang mengatakan kalau jadi kalau boleh kita sisir, bisa saja ada yang perlu kita perbaiki. Saya terus terang, saya belum berani mengatakan pasal-pasal mana karena saya belum melakukan pengkajian,” katanya. (Her).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.