530 Warga LAUT Dapat Bantuan Bencana BSTS

0

LAMBA LEDA – Sebanyak 530 jiwa dari 123 Kepala Keluarga (KK) di 3 (tiga) desa di Kecamatan Lamba Leda Utara (LAUT), Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), telah mendapatkan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP), Sabtu (16/4/2021).

Bantuan tersebut diberikan kepada setiap warga terdampak cuaca ekstrim hujan, angin, dan banjir disertai gelombang pasang air laut akibat Badai Siklon Tropis Seroja (BSTS), yang terjadi pada Juma’at (2/4/2021) lalu.

530 Jiwa yang tersebar di tiga desa antara lain: Desa Haju Wangi 11 KK 65 Jiwa di Kampung Nanga Rema sebanyak 364 Kilogram, Desa Satar Padut 62 KK 306 Jiwa tersebar di Kampung Nanga Lirang dan Nanga Pede sebanyak 1.713,6 Kilogram, Desa Satar Kampas 50 KK 159 Jiwa tersebar di Kampung Waso dan Ronting sebanyak 890,4 Kilogram.

CBP ini sifatnya tanggap darurat, tenggat waktu tanggap darurat hanya 14 hari paska bencana. Rujukan resmi, bantuan tanggap darurat CBP diberikan sebanyak 5,6 Kilogram per Jiwa, dengan asumsi makan 0,4 Kilogram per hari per orang.

CBP untuk Kecamatan Lamba Leda Utara di hantar langsung oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Manggarai Timur, Wihelmus Deo, dan diterima oleh Plt. Camat Lamba Leda Utara yang didampingi Kepala Desa Satar Padut, Kepla Desa Satar Kampas dan Kepala Desa Haju Wangi. Hadir juga masyarakat penerima CBP warga Desa Satar Padut.

Kepala Dinas Sosial Matim Wihelmus Deo kepada warga penerima CBP menyampaikan, bantuan yang diberikan sifatnya tanggap darurat, bukan untuk kerugian materil akibat bencana, sehingga jumlah bantuan sama rata.

Pemerintah Kecamatan Lamba Leda Utara menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Timur (Matim) melalui Dinsos yang telah membantu mengurus bantuan CBP bagi beberapa warga tiga desa di Kecamatan Lamba Leda Utara.

Kepada warga Pemerintah Kecamatan Lamba Leda Utara berpesan, agar bila mengalami bencana, segera laporkan ke pemerintah setempat untuk segera didata dan dilaporkan ke Kecamatan dan diteruskan ke Kabupaten.

Dan perlu diingat, bahwa tidak selamanya pendataan terhadap segala sesuatu kepada warga tujuan akhirnya untuk dapat bantuan. Bisa jadi juga hnya untuk bahan laporan. Warga jangan alergi dengan petugas pemerintah bagian lapangan yang melakukan pendataan.

Warga Kampung Lirang Desa Satar Padut, Sakhinah dan Marwiah yang mendapat bantuan CBP tidak dapat menyembunyikan rasa girangnya setelah beras bantuan ada didepan mata. Menurutnya, bantuan itu sangat membantu dan ucapkan terimakasih buat Pemerintah Desa, Kecamatan dan Kabupaten Manggarai Timur. (Flori Edi).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.