4 Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Manggarai, Nomor 3 Bikin Merinding

0

RUTENG– Liburan ke Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) tak menarik jika tidak singgah di Kabupaten Manggarai. Kabupaten yang kini dipimpin Bupati Heribertus G. L. Nabit itu memiliki beragam tempat wisata terbaik untuk dikunjungi.

Berikut beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi untuk mengisi akhir pekan anda.

1. Wae Rebo

Tidak hanya mempunyai pantai dengan gugusan pulau yang menawan, kawasan Labuan Bajo Flores juga memiliki rumah adat yang sangat menarik yakni di Desa Wae Rebo.

Lokasinya di Satar Lenda, Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Di sini kamu akan disuguhkan desa yang berada di perbukitan hijau memanjakan mata dengan bentuk rumah adat yang unik dan ikonik.

Selain itu, kamu juga bisa mengenal dan mempelajari kehidupan dari Suku Manggarai yang ada di Desa Wae Rebo.

2. Sawah Lingko

Di kawasan Desa Meler dan Desa Pong Lale, Kecamatan Ruteng , Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, kamu bisa menemukan Sawah Lingko yang unik.

Hal ini karena Sawah Lingko memiliki bentuk seperti sarang laba-laba dengan satu titik pusat dan petak-petak yang membentuk pola jaring laba-laba.

Ditambah dengan pemandangan hijaunya persawahan dan suasana alam membuat liburanmu menjadi semakin berkesan.

3. Liang Bua
Gua Liang Bua adalah warisan situs prasejarah manusia purba yang ada di Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur yang menjadi salah satu situs arkeologi penting dunia.

Berada di bukit kapur, Liang Bua memiliki ukuran yang sangat besar dengan panjang 50 meter, lebar 40 meter, dan 25 meter.

Di gua tersebut ditemukan fosil Homo Floresiensis yakni manusia pendek/kerdil yang diperkirakan berasal dari 18.000 tahun yang lalu.

Saat ditemukan pada tahun 2003, ditemukan fosil yang hanya memiliki tinggi 100 cm dengan berat yang diperkirakan sekitar 25 kilogram. Tengkorak ini ditemukan pada kedalaman enam meter.

 

4. Mbaru Niang Todo
Daratan Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyimpan banyak warisan budaya, salah satunya desa atau kampung adat. Salah satu kampung adat tertua di sana ialah Kampung Adat Todo, di Kecamatan Satarmase Barat, Manggarai, NTT.

Selain keunikan bangunan dan kebudayaannya, kampung adat ini terkenal dengan salah satu pusaka khasnya, yaitu gendang. Gendang di sini bukan sembarang gendang biasa, tetapi terbuat dari kulit manusia. (RH).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.